Jun 19, 2016

Cara Agar Tidak Ketinggalan Pesawat


Banyak sekali hal menarik dari proses bisnis maskapai yang aku pelajari akhir-akhir ini. Khususnya ketika menjalani on the job training di Kota Pangkalpinang sebagai bagian dari rangkaian pelatihan di kantorku. Selama di sana, aku menemukan beberapa kasus keterlambatan penumpang yang dengan berat hati harus meninggalkan atau memindahkan mereka ke penerbangan berikutnya. Tentu kita tidak ingin rencana liburan atau janji meeting menjadi buyar hanya karena tertinggal pesawat kan? Nah, berikut ini beberapa cara agar kamu tidak lagi ketinggalan pesawat. Dicatat ya!

1. Datang Sesuai Jam Ketentuan
Beberapa maskapai memasang peraturan kapan paling lambat penumpang harus datang. Biasanya waktu yang ditentukan adalah 90 menit sebelum jadwal keberangkatan. Harus diperhatikan lagi di tiket pesawat, yang mana jam keberangkatan dan mana jam boarding agar tidak keliru. Datang lebih awal akan sangat membantu, khususnya jika kamu berangkat dari bandara kecil dan padat seperti Bandara Depati Amir, Pangkalpinang yang antriannya bisa mengular sampai keluar check-in hall. Dari waktu 90 menit yang ditentukan maskapai, proses check-in akan memakan waktu 60 menit, karena 30 menit sebelum jam keberangkatan diharapkan semua penumpang sudah hadir dan dilakukan proses boarding. Proses boarding yang nyaman akan memakan waktu 30 menit.

2. Kenali Jalan ke Bandara
Hal ini sangat penting, khususnya untuk kamu yang harus melalui kawasan macet untuk ke bandara. Untuk yang melalui Jakarta, biasanya meluangkan waktu lebih untuk penjalanan ke bandara, bisa 3, bisa juga 6 jam sebelum keberangkatan tergantung dari dari mana kamu berangkat. Untuk yang tempat tinggalnya dekat bandara bukan berarti bisa datang mepet, Ingat aturan 90 menit sebelum keberangkatan kan? Jangan sampai pesawat lewat atap rumah baru berangkat, ternyata begitu sampai bandara sudah close boarding dan pesawat sudah didorong. Biarpun masih di parkiran, jika pesawat sudah ditutup pintunya, maka wewenangnya sudah ada di captain pilot. Kalau mau nego, silahkan nego ke pilotnya ya. :D

3. Manfaatkan Fitur Web/Self Check-in
Kini sudah banyak maskapai yang menawarkan fitur web/self check-in dan tentunya fitur ini akan sangat membantu kamu agar tidak telat. Fitur ini biasanya bisa berupa website ataupun mesin ATM. Kamu harus ketahui dulu bagaimana ketentuan-ketentuan untuk menggunakan web/self check-in ini. Akan lebih pas jika kamu tidak membawa bagasi dalam penerbangan, karena jika membawa bagasi kamu harus mendaftarkan bagasi kamu lagi ke counter check-in dan akan sama saja prosesnya dengan check-in biasa.

4. Lepas Semua Perhiasan dan Logam di Badan
Biasanya bandara memiliki beberapa Security Check Point (SCP). Untuk SCP pertama biasanya hanya dibaca isi bagasi kamu dan barang-barang berbahaya umum yang ada di tubuh kamu seperti senjata tajam atau senjata api. Setelah check-in untuk menuju ruang tunggu biasanya ada SCP lagi dan kali ini lebih ketat, semua logam yang ada di badan harus dilepas seluruhnya. Tentu ini memakan waktu dan biasanya SCP ini antriannya akan memanjang. Untuk mengantisipasinya, sebelum check-in dari SCP pertama lebih baik kamu lepas semua atribut yang berlogam seperti ikat pinggal, gelang, kalung, jam tangan, dan sebagainya untuk disimpan dalam tas. Setelah kamu sampai di ruang tunggu, silahkan dipakai lagi. Dengan begini kamu bisa hemat 2-4 menit lho.

5. Pasang Telinga dan Simak Tiap Pengumuman Informasi
Kamu sudah datang lebih awal, pakai self check-in biar lebih cepat dan di SCP pun kamu lancar saja. Akhirnya bisa santai menunggu di boarding hall. Tapi, sesantai-santainya kamu harus tetap memperhatikan setiap pengumuman yang ada ya. Jangan sampai ketika sedang asik mendengarkan musik, baca buku atau mengobrol justru malah ketinggalan pesawat karena tidak sadar kalau boarding time sudah lewat dan nama kamu sudah dipanggil announcer berkali-kali. Pasang telinga kamu, terutama jika sudah mendekati waktu keberangkatan. Dari pengumuman itu juga kita bisa tahu apakah pesawat kita mengalami delay atau masih on schedule.

Setidaknya jika kamu ikuti cara di atas, pasti kamu akan datang ke bandara tepat waktu dan perjalananmu akan lebih tenang dan menyenangkan. Tidak ada lagi yang namanya ketinggalan pesawat dan berujung bubarnya rencana liburanmu atau kesalnya teman meeting-mu. Have a safe flight!


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment