Jun 8, 2014

Public Speaking? Ini Dia 10 Tipsnya



Public speaking atau berbicara di depan umum tidak akan lepas dari yang namanya latihan, latihan dan latihan. Hanya dengan berlatih kamu bisa apa yang bisa kamu dengar dan benahi kemudian mempelajari materi dengan baik. Merasa gugup sebelum berbicara di depan umum semisal presentasi itu suatu hal yang wajar dan natural. Justru akan bagus jika kamu merasa gugup, artinya kamu benar-benar memikirkan penampilan kamu sehingga akan mempersiapkannya sampai hal paling detil sekalipun. Tapi jangan sampai kamu merasa gugup yang berlebihan dan merasa tertekan. Salah-salah akan mengacaukan semua persiapkan yang sudah kamu rencanakan sematang itu dan berujung pada penampilan yang buruk.

Saya ada beberapa tips buat kamu yang ingin atau memang dituntut untuk melakukan public speaking. Dalam tips ini, kamu akan mengetahui bagaimana mengontrol kegugupan kamu dan menciptakan presentasi yang efektif serta berkesan.

1. Kuasai panggung
Ketika berbicara di depan umum, lingkungan itu adalah "panggung" untukmu. Bukan panggung dalam arti sebenarnya, tapi seluruh ruangan atau lingkungan dimana kamu berbicara adalah "panggung" milikmu. Dengan menguasai lingkungan, kamu akan merasa lebih nyaman dan lepas dalam berbicara. Berjalan-jalan lah sekitar "speaking area" dan berlatih menggunakan mikrofon beserta perangkat visual lainnya.

2. Kenali audiens
"Kenali musuhmu, maka kamu sudah memenangkan setengah peperangan", dalam konteks public speaking, dengan mengetahui karakteristik audiens, kamu bisa lebih "ramah" kepada mereka. Ibaratkan, kamu akan merasa nyaman ketika berbicara dengan teman ketimbang orang asing, bukan? Kenali mereka lebih dalam dan jadikan mereka "teman", kemudian kamu akan merasa nyaman dan mudah ketika berbicara dengan mereka.

3. Pahami materi
Siapa yang tidak takut dianggap kurang punya kredibilitas? Kita berbicara di depan umum, berarti kita diberi kepercayaan untuk memberi apa yang mereka inginkan. Inilah pentingnya menguasai dan memahami materi dengan baik. Dengan memahami materi, kita akan merasa nyaman ketika menjelaskan bahkan tak tanggung-tanggung dalam menjawab pertanyaan audiens. Pelajari, berlatih, dan koreksi jika memang diperlukan. Asah kemampuanmu sembari asah materimu sebaik mungkin.

4. Santai
Sering-sering lah berlatih. Dengan berlatih, kondisi mental dan fisikmu perlahan-lahan akan terbiasa dan menjadi santai ketika harus benar-benar tampil.

5. Bayangkan dirimu ketika berbicara
Bayangkan dirimu sedang berbicara dengan suara yang lantang, jelas dan meyakinkan. Ketika kamu membayangkan dirimu berhasil, maka pada kenyataannya kamu akan berhasil juga.

6. Sadari bahwa audiens tidak ingin anda gagal
Bukan untuk dijadikan sebagai beban, tapi dengan menyadari bahwa audiens mengharapkan dari penampilan kamu dari cara penyampaian hingga konten materi, kamu akan lebih menghargai setiap usaha yang sudah kamu keluarkan dan meminimalisir kesalahan-kesalahan.

7. Jangan meminta maaf
Ini mungkin kontras dengan apa yang sering terjadi, tapi pernahkan kamu tersadar ketika orang menyebutkan bahwa dirinya gugup atau memohon maaf atas kesalahannya, kita justru mencari kesalahan yang dia "sebutkan" padahal nyatanya baik-baik saja? Tapi ini tidak berlaku jika kita memang melakukan kesalahan yang benar-benar jelas terlihat dan fatal. Tapi jika selama presentasi lancar dan tidak ada masalah, jangan meminta maaf atau mereka akan menyadari ada sesuatu yang salah pada presentasimu.

8. Konsentrasi pada pesan, bukan medium
Fokus lah pada pesan dan audiens tanpa harus mencemaskan hal-hal yang sifatnya medium, seperti teknis dan hal yang sejenisnya. Dengan demikian, kamu bisa bicara lebih "nyaman" kepada audiens seakan kamu berbicara langsung dengan mereka tanpa "halangan" apapun. Untuk hal ini pastikan urusan teknis sudah rapi sebelum presentasi dimulai.

9. Ubah rasa gugup jadi energi positif
Gunakan energi gugupmu dan ubah menjadi rasa antusiasme dan tenaga yang lebih besar. Hal ini bersifat sugestif yang intinya motivasi diri sangat diperlukan dan yakinkan bahwa kamu tidak gugup.

10. Tambah pengalaman
Pengalaman berbuah percaya diri, dimana hal itu adalah kunci dari presentasi yang efektif. dengan seringnya kamu melakukan public speaking, maka kamu sudah mengetahui seluk-beluk bagaimana berbicara di depan umum mulai dari hal teknis sampai persiapan materi dan mental hingga evaluasi. Mereka yang sudah ahli pun sudah pasti banyak melakukan kesalahan ketika baru melakukan hal-hal ini. Jadi, jangan takut untuk terus mencoba karena pengalaman adalah pengajar yang terbaik.

Demikian 10 tips dalam berbicara di depan umum. Semoga membantu! Kuncinya, public speaking adalah seni dimana hal-hal teknis dikombinasi dengan faktor psikologis agar menciptakan penampilan yang berkesan. Sudah siap untuk berlatih lagi? Semoga presentasimu berkesan ya!

Public Speaking?  Ini Dia 10 Tipsnya - Faiz Ridhal Malik
Image by google.com

Related Articles